Minggu, 21 April 2013

Menjamah Air Terjun Mengkang





Lolayan –Berbagai objek wisata yang terdapat dipenjuru Bolaang Mongondow bisa dijumpai. Bahkan seringkali objek wisata itu terdapat tidak jauh dari seputaran kota maupun kabupaten. Kali ini Tim Insomnia lakukan Expedisi, bertempat  di Desa Mengkang Kecamatan Lolayan. Pada Sabtu (20/03) pagi itu. 

Nampak, keidahanya tidak kalah dengan objek wisata yang sudah terkenal lebih dulu,
Bagi warga setempat sangat jarang air terjun ini dikunjungi, hanya ada beberapa orang dan itupun dari luar daerah saja.  
“Ngoni akan melewati 7 sungai, setelah itu sampai di air terjun” kata Tete Ida sembari menunjuk arah. 


Kondisi medan jalan yang cukup parah menjadikan kita lebih extra hati-hati, jalan yang licin, turun ke sungai, melewati hutan, dan menyelip diberbagai batang pohon. Namun seringkali kita istirahat untuk melihat suasana hutan yang masih perawan itu.


Obyek wisata air terjun ini telah meyimpan potensi wisata yang lebih menarik, serta segarnya suasana dan kelestarian alamya akan menjadikan kita untuk lebih betah, apalagi dengan jernihnya air yang dingin.Selain itu, disudut desa juga terdapat papan bertuliskan penghargaan dari CIDA Award kepada Sangadi (Kepala Desa) mengkang oleh Duta Besar (Dubes) Canada Mr. Mackenze dan berbagai macam penghargaan yang diberikan kepada seluruh warga desa  mengkang.  


Dalam perjalan dari Desa mengkang menuju lokasi Arter diperkiraan untuk mencapai tujuan tersebut  hingga memakan waktu 4 jam. Bagi tim kami, jarak tidak jadi soal, hanya saja, harapan kami harta-harta yang kian tersembunyi harus dicari dan digali hingga nampak dipermukaan, Modal utama dalam expedisi yang bermula hasil dari Kumpul-kumpul dengan kawan-kawan akhirnya berjalan sukses.


Air terjun ini memang masih sangat asing dibenak pengunjung Lokal, selain jaraknya yang cukup jauh, akses jalan dari Desa Mopusi  menuju Desa Mengkang yang sangat parah hanya beraspalkan  kerikil. Entah, apakah persoalan akses jalan yang cukup parah ataukah tidak adanya media, sehingga air terjun tersebut kurang dikenal publik.?!

Air Terjun mengkang  ini terlihat  merana, karena menunggu siapa saja anda yang Menjamah potensi air terjun tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar