Selasa, 14 Mei 2013

Tumbuhkan Jiwa Moposad


Bolaang Mongondow – Sudah lama kata ini tak terdengar lagi, padahal “Moposad” ini merupakan tradisi Bolaang Mongondow (Bolmong)  zaman dahulu yang cukup dikenal, nuansa kekeluargaaan, persatuan dan solidaritas, juga gotong royong warga masyarakat Bolaang Mongondow.

Disaaat tiba musim panen padi (Payoy), pemilik padi tersebut mengundang warga kampong untuk bekerja memanen bersama, orang-orang tersebut yang paling dekat adalah dimulai dari tetangga, jika tiba saat itu, suasana pun berubah menjadi terasa bersahabat, kekeluargaan saat bekerja.

Walaupun kondisi cuaca panas, tak terasa sebab diringi dengan canda dan tawa saat bergotong royong dalam bekerja memanen padi tersebut.

Resiko bagi tuan tanah adalah dengan  siap membuat makanan dan minuman seperti tinutuan untuk dimakan sehabis bekerja.


Seiring berjalan waktu, tradisi ini kian memudar, karena muncul Zaman dimana kesadaran tentang Uang merasuki pikiran manusia sehingga munculah kontrak kerja yang dinamakan dengan “Harian”.
 
Meski tradisi ini telah hilang ditelan Zaman, namun insyallah kedepan tetap harus berada didalam diri setiap warga Bolaang Mongondow. Tugas Inaton (kami) adalah menanamkan kembali jiwa Gotong Royong (Moposad ) itu, pada setiap diri sanubari warga  masyarakat Bolaang Mongondow.
Senyum dan tawa para remaja saat bekerja "baku tulung" disebuah pesta pernikahan

Berbeda dengan contoh lain dimana pada sebuah pesta pernikahan sebelum memasuki resepsi pernikahan, warga masyarakat datang turut hadir untuk mempersiapkan pernikahan tersebut dalam hal ini dinamakan dengan  “ baku tulung” mulai dari awal persiapan, diawali dengan “ Ambe Piring” hingga pembubaran pesta “ Los” yang didominasi para remaja.

4 komentar:

  1. Jangan pake bahasa koran bang.. Saran doang!!..
    EYD masih berlaku sampe skrg.. Fokus pada penggunaan kalimat baku..
    Terakhir, ingat pesan J.S. BADUDU "berbahasa indonesialah dengan baik dan butul":-P

    BalasHapus
  2. tox mamonto, hehehe. syukur moanto utat masukanya, masih dalam tahap pembelajaran ini..hehehe

    BalasHapus