Minggu, 02 Juni 2013

Potulungan

Bolaang Mongondow – Masih banyak Orang Mongondow yang tak tau dengan persoalan adat gotong Royong ini, Gotong Royong yang berarti “Baku Bantu “ ini, tidak terlepas dari persoalan prosesi yang dilakukan, selain baku bantu dengan memberikan sumbangsi berupa tenaga, ternyata terdapat juga prosesi Gotong Royong dengan memberikan semacam Bahan Pokok. Dalam suatu contoh misalnya.“Ada sebuah pesta pernikahan,maka para tamu yang diundang akan memberikan bahan pokok berupa Beras, Laksa,Garam, Teh, Gula, serta bahan-bahan kering lainya,(Tergantung pada kemampuan materi oleh tamu). Setelah itu, bahan tadi akan ditempatkan didalam bentuk loyang serta dibungkus dengan kain.


Namun kebanyakan orang Mongondow membungkusnya dengan Taplak, entah mengapa, tapi mungkin saja ukuran taplak tersebut sesuai dengan wadah yang telah ditempatkan

Potulungaan artinya memberikan pertolongan kepada si penyeleggara pesta.Tujuannya adalah agar dapat meringkankan kebutuhan oleh para penyelenggara pesta tersebut, walaupun kondisi  penyelenggara “se-ada-nya” telah terbantu dengan kebutuhan Potulungan tadi. Mudah-mudahan dan Insyallah kegiatan Potulungan  ini akan terus berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar