Rabu, 21 November 2012

Sejarah Desa Bakan



Desa  bakan bermula dari sepotong kayu yang tumbuh disungai tepatnya pada pertemuan antara sungai ongkag,  Orang pertaman kali membuka lahan perkembunan bernama Lobongon Manggo.

Desa bakan berbatasan dengan desa lolayan disebelah utara, desa motandoi disebelah timur, desa matali baru sebelah selatan, dan desa tanoyan utara disebelah barat.

Pada masa penyebaran PSII, dimana pada masa itu orang-orang terdahulu mencari totabuan baru dan didapati wilayah hulu ongkag dibawah pimpinan Hi. Sarkawi Podomi yang berasal dari desa tabang, mulanya mereka hanya membuka lahan dilokasi tersebut namun seiring dengan keberadaan mereka ternyata orang-orang tersebut mendiami wilayah itu untuk selama-lamanya, kelompok tersebut melakukan musyarawah untuk membuat tatanan desa baru yang dinakaman Desa Bakan.

Dalam musyawarah itu, beberapa pertanyaan yang dilontarakan dari masing-masing individu terkait dengan penamaan desa, tiba-tiba salah satu orang mengajukan usulannya bahwa di lahan perkembunan ini terdapat pohon kayu yang besar yang bernama Pohon Kayu Bakan , sehingga Hi. Sarkawai Podomi mengambil keputusan untuk menamai lokasi itu dengan nama Bakan.

Melihat dari keadaan sosial Desa bakan mempunyai penduduk ditahun 2011 dengan jumlah penduduk 2249 jiwa terdiri dari 1164 laki-laki, dan 1085  perempuan  terbagi dalam 581 Kepala Keluarga (KK).

Desa bakan di pimpinan pertama kali oleh A. Mokoagow dan saat ini dipinpin oleh A.Y Mamonto di tahun 2008 hinnga sekarang .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar