Rabu, 10 Desember 2014

Tiga Air Terjun Perlu Dijamah Pemerintah

Seperti biasa, pekan lalu tim menyajikan ulasan  berjudul 7 tempat mistis di  Bolaang Mongondow Raya (BMR),  Namun kali ini  Tim Blogspot Lp akan mengangkat kembali potensi wisata di Bolmong, Tim baru-baru ini melakukan penjelajahan diberbagai sudut daratan  Bolaang mongondow, dari penelusuran hutan belantara tersebut  sedikitnya terdapat Tiga potensi wisata di Bolmong yang perlu dilestarikan khusunya Air terjun, Nah  berikut tiga air terjun yang jarang dilirik Pemerintah.

Air Terjun Dolunut
Air terjun Donulut, Sebuah air terjun yang memiliki pesona sangat menarik terdapat di Desa Tapa Aog  Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang  Mongondow (Bolmong ), Air terjun yang memiliki kurang lebih lima susunan itu ramai dikunjungi warga lokal sekedar menghabiskan penat untuk setelah bekerja seharian. Air terjun tersebut memiliki Lima susunan,  dari kelima susunan itu, empat diantaranya memiliki masing-masing ketinggian hingga 15 meter dan pada susunan terakhir diperkiraan mencapai  50 meter. Dari pantauan Media ini, lokasi air terjun tersebut masih begitu awam, berantakan dengan potongan-potongan kayu, masih dibutuhkan perhatian dari dinas terkait untuk dijadikan wisata di wilayah perkampungan tersebut.  “ Tidak ada yang pernah meninjau langsung lokasi air terjun ini” ujar Dadang warga Tapa Aog.  

Air Terjun Mengkang
Air Terjun Mengkang merupakan salah satu objek wisata di Desa Mengkang  Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong ),  untuk bisa mencapai Air Terjun (Arter)  tersebut harus ditempuh lewat jalan kaki yang  memakan waktu hingga lima  jam, selama perjalan itu anda  akan disuguhi dengan Keanekaragaman hayati  Flora dan Fauna. Namun sayangnya meski sudah ditetapkan sebagai Objek wisata,  Arter tersebut masih sangat asing di benak warga BMR, Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan promosi potensi wisata oleh pemerintah. Air Terjun mengkang  ini terlihat  merana, karena menunggu siapa saja anda yang  menjamah air terjun tersebut.

Air terjun Pomalingan Kolanan
Air Terjun Pomalingan Kolanan tak kalah eksotisnya, air terjun  ini terletak di seputaran wilayah Kotamobagu ,tepatnya di Kelurahan  Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur (Kotim). Arter yang membentuk lima tingkatan itu harus ditempuh dengan jalan kaki melewati hutan yang cukup lebat serta medan jalan yang berlicin, Lokasi sekitar air terjun yang masih sangat alami itu kelihatan  sangat jarang dijamah oleh tangan manusia. selain eksotisnya 5 air terjun ini,   Pengunjung bisa menikmati alam yang masih perawan, udara yang segar serta gemerincing ranting dan daun pepohonan saat ditiup angin menjadi sensasi tersendiri bagi yang menyukai kedamaian.  “Kebanyakan dari luar daerah seperti Menado, dan Gorontalo yang datang disini,” Tambah Tete  Zainal Tokoh masyarakat warga Kobo Kecil beberapa pekan lalu.

Bolaang Mongondow Raya (BMR)  sesungguhnya memiliki banyak pesona wisata  yang menyimpan berjuta potensi hayati didalamnya, Kehidupan dibumi totabuan ini bagaikan simfoni alam yang harmoni  mengingatkan kita pada karya sang agung yang dahsyat, maka izinkankanlah Saya Menjuluki BMR ini sebagai Selaksa Surga yang terpecah dan Bocor di Bumi Totabuan.


4 komentar:

  1. Iya..kalau ada kesempatan kunjungi surga disini broo..ditunggu kedatanganya

    BalasHapus
  2. artikel ini sangat bermanfaat min, selain menambah informasi mengenai wisata air terjun, artikel ini juga dapat membantu dalam menyampaikan info kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan wisata air terjun ini.

    BalasHapus