Senin, 18 Agustus 2014

Menengok Rumah Sakit Islam Moonow


MOONOW adalah suatu kata  yang menggambarkan suatu keadaan kota dan  mengandung arti dingin, atau lebih tepatnya musim dingin. Menurut definisi lainya, dingin adalah bersuhu rendah dan sejuk dikala malam hari, sementara sumber wikipedia menyebutkan, musim dingin adalah salah satu dari 4 musim yang beriklim Subtropics dan sedang.

Di Bolaang Mongondow (Bolmong), ada salah satu Rumah Sakit Islam (RSI) yang diberi nama Moonow. RS itu merupakan satu-satunya RS Islam yang ada daerah Yondog (sejenis sayur khas Mongondow, Selain itu Rumah Sakit adalah tempat berobat dan nginap dimana orang-orang yang diserang bermacam-macam  penyakit. Waktu nginap-pun di rumah sakit tergantung dari kondisi  kesehatan  pasien  mulai dari seminggu, bulan hingga bertahun-tahun.
Hal ini tentu membutuhkan kenyaman dan kebersihan demi menjaga kesehatan para pasien.Namun ada juga rumah sakit yang tidak memperhatikan lingkunganya, kotor, sampah berserakan, Got tersumbat hingga keadaan Toilet super busuk. Keadaan itulah yang mendorong Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Drs.H.JA.Damopolii untuk membangun rumah sakit yang memprioritaskan kebersihan dan kesehatan yang diberi nama “Moonow”.

Berdasarkan Informasi  yang dihimpun dari Ketua Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow (Amabom) Zainal Abidin Lantong dalam bukunya Sejarah Bolang Mongondow, menyebutkan, dimana  pada tahun 1987 pada masa pemerintahan Drs.H.J.A.Damopolii, rumah sakit tersebut mulai dibangun dengan model gedung bertingkat. Seiring berjalanya waktu, pada tahun 1991 proyek pengerjaan rumah sakit sempat terhenti dibarengi dengan masa jabatan Beliau.

Hal ini tentu menimbulkan rasa kekecewaan masyarakat khusunya Umat Islam sebagai penduduk mayoritas di Bolaang Mongondow (Bolmong). Menanggapi isu yang berkembang, maka pada tahun 1994 pada masa kepempinan Drs S. Paputungan, meremuk kembali dan membentuk kepanitian pembangunan dan pemanfaatan rumah sakit islam. Pada tanggal 7 April  1994 bertepatan dengan hari kesehatan dunia, Bupati Drs.S.Paputungan telah meresmikan pemanfaatan RSI Moonow. Kini, Rumah Sakit Islam satu-satunya di Bolaang Mongondow (Bolmong) telah dialihfungsikan menjadi perguruan tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar