Sabtu, 11 Oktober 2014

Sejarah Desa Bangunan Wuwuk

==Berawal dari Pohon dan Sungai Lahirlah Desa==

Pada zaman dahulu kala, ada tanaman dan pepohonan yang hidup besar di tengah-tengah pemukiman gunung, disamping pohon itu juga terdapat sungai yang katanya sangat angker.

Seiring perjalan waktu, pemukiman itu dilewati oleh sekelompok orang dari desa minahasa menuju ke desa dumoga. Saat melewati pemukiman itu sebagian dari kelompok memilih menetap di lokasi  dan sebagianya lagi melanjutkan perjalanan. 

Lama kelamaan dengan kelompok yang semaki banyak, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah desa  yang kini dinamai bangunan wuwuk
pada tahun 1948 pemukiman tersebut menjadi definitif sebagai desa. Bangunan wuwuk sendiri mempunyai arti a bangunan adalah sungai dan wuwuk merupakan pohon  yang sangat  besar,. Pada waktu itu desa itu dipimpin sangadi oelh sangadi pertama Frans Rompas namun beliau menjabat hanya satu tahun dari 1948 hingga 1949, setelah itu dilanjutkan dengan Altin Rumengan dengan masa kepemimpinan hingga 1956 sdan dilanjutkan lagi dengan Karel Mintje,Welem Lombogia,Yohanis Rompas Robert Lumi, Yes Rompas, Ayub Sembel H.A.Rumengan, M. Irompas,Da Emes, E.Baganias serta  yang menjabat  kepala desa saat ini J Manglede. 

Dibawah pimpinan Manglede,  pada tahun 2012 lalu desa bangunan wuwuk telah dimekarkan menjadi dua desa diantaranya bangunan wuwuk timur dan dan desa bangunan wuwuk  

Sementara itu, masyrakat desa bangunan wuwuk mempunyai sumber ekonomi dari petani baik tumbuhan sayur dan padi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar